Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan, Bukan Permusuhan

  • Whatsapp
Gubernur Kalbar, H Sutarmidji saat menjadi narasumber pada kegiatan Silahturahmi dan Dialog Kebangsaan Lintas Generasi Kegiatan di Aula Syeikh Abdul Rani Mahmud, Kampus IAIN Pontianak, Kamis (10/10/2019). FOTO: HUMPRO

LensaKalbar – Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengajak seluruh elemen masyarakat di Kalbar untuk merajut nilai kebangsaan di Bumi Khatulistiwa. Ajakkan ini, disampaikannya saat menjadi narasumber pada kegiatan Silahturahmi dan Dialog Kebangsaan Lintas Generasi Kegiatan di Aula Syeikh Abdul Rani Mahmud, Kampus IAIN Pontianak, Kamis (10/10/2019).

“Agama sudah mengatur bagaimana umatnya untuk saling mengenal dan silahturahmi dalam perbedaan. Di dalam agama Islam yang saya anut perbedaan itu untuk saling mengenal antara satu dengan lainnya, bukan menjadi perbedaan,” tegas Sutarmidji.

Dirinya juga mencotohkan dalam sejarah Rasulullah di dalam Al Qur’an, bahwa pada saat Kota Madinah diserang, Rasulullah mengeluarkan konstitusi Madinah. Dimana dalam konstitusi itu mengutarakan masyarakat Madinah harus mempertahankan kota dari serangan musuh baik dari kalangan suku dan agama apapun untuk bersatu demi berdirinya Kota Madinah.

“Inti dari konstitusi Madinah, kalau negara Madinah dalam kondisi bahaya maka seluruh etnis, seluruh pemeluk agama apapun yang berada di negara Madinah wajib mempertahankan negara Madinah. Rasulullah tidak pernah bilang mewajibkan satu etnis dan satu agama saja melainkan seluruh masyarakat Madinah. Inilah konsep awalnya Pancasila,” tegasnya.

Lanjutnya, tak hanya agama Islam saja yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara, namun agama lainnya juga menyuarakan umatnya untuk saling silahturahmi dan berbangsa serta bernegara dari perbedaan itu.

“Kalo semuanya untuk berbangsa dan bernegara maka tidak akan muncul benih-benih teroris di negara ini,” tegasnya.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber  diantaranya Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji,SH, M.Hum, Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI M. Nur Rahmat, Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Drs Didi Haryono, SH, MH. (Nrt/Humpro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *