Usai Dilantik, Jarot Ajak HKTI Bersinergi dengan Semua Pihak

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutan perdananya usai dilantik sebagai Ketua HKTI Sintang periode 2019-2024, di Pendopo Bupati Sintang, Kamis (3/10/2019)

LensaKalbar – Setelah resmi dilantik sebagai Ketua HKTI Sintang periode 2019-2024. Bupati Sintang, Jarot Winarno pun memberikan sambutan perdananya, di Pendopo Bupati Sintang, Kamis (3/10/2019).

Jarot Winarno mengungkapkan bahwa petani selalu dihadapkan dengan tiga permasalahan yaitu, hak atas tanah yang dikelolanya, akses permodalan, dan pemasaran produk yang dihasilkan.

“Secara keseluruhan petani bermasalah dengan nilai jual produk-produknya,” kata Jarot Winarno.

Setakat ini, ungkap Jarot, Kabupaten Sintang masih menggantungkan diri pada tiga komoditas utama yaitu karet, sawit, dan sahang (lada). Sayangnya masih dalam jumlah kecil. Luas lahan tanam hanya 7.700 hektar. Kita juga mencoba memenuhinya dengan padi,” ujarnya.

Selain itu, menurut Jarot, sudah waktunya Kabupaten Sintang bergeser dari ekonomi yang ekstraktif ke ekonomi yang lebih kreatif. Karena itu, diharapkannya lahan-lahan di Kabupaten Sintang dapat digunakan untuk pertanian yang kreatif.

“Kita berharap HKTI dapat membantu dan bermitra dengan organisasi tani lainnya dan kedepannya para petani dapat sejahtera,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *