Tampil 6 Menit, Penonton Terkesima Lihat Ornamen Tugu Khatulistiwa

  • Whatsapp
Foto: Humpro
banner 468x60

LensaKalbar  Tim Penggerak PKK Kota Pontianak mewakili Provinsi Kalbar pada lomba Parade Nusantara tingkat Nasional yang diikuti oleh 34 Provinsi di halaman Mercure Hotel Ancol Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Lomba ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019 yang dilaksanakan mulai tanggal 25 September hingga 27 September 2019.

Berbagai kota menampilkan kekhasannya masing-masing dalam Parade Nusantara. Tak ketinggalan, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat tampil selama 6 menit dengan kostum berornamen Tugu Khatulistiwa yang dikenakan oleh Detia Sulpida dan ornamen kapal lancang kuning dikenakan oleh Muhammad Rafiq.

Kostum yang didesain mewah dengan perpaduan warna-warni dan di belakang pundaknya berbentuk lingkaran Tugu Khatulistiwa lengkap beserta anak panah dengan tulisan di atasnya Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat serta pakaian dengan miniatur Kapal Lancang Kuning dilengkapi dengan ornamen meriam karbit  itu mengundang decak kagum penonton yang menyaksikan dari dekat.

Selain kostum ornamen tugu khatulistiwa dan kapal lancang kuning, peserta lomba dengan nomor urut 14 itu juga di iringi oleh 8 peserta lainnya mengenakan pakaian nusantara  disertai dengan pohon manggar yang sangat menarik.

Konvoi berjalan kaki menyusuri rute yang telah ditentukan oleh panitia kemudian tampil di tenda utama dengan menyampaikan pesan sepuluh program pokok PKK, pencegahan stunting yang di iringi lagu daerah cik-cik periuk yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu untuk menambah semangat, juga ditampilkan yel-yel yang berisikan pesan untuk mengajak keluarga untuk memanfaatkan lahan perkarangan sehingga tercipta HATINYA PKK dan Pengelolaan sampah plastik melalui bank sampah.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji mengatakan bahwa tahun ini pada lomba parade nusantara, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar menggunakan pakaian nusantara lengkap dengan atributnya,

“Saya melihat dari awal sampai Kalbar tampil, jika saya menilainya kita yang unggul,” ujar Lismaryani.

Terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie mengatakan Tim Penggerak PKK Kota Pontianak Tahun 2019 ditunjuk untuk mewakili Tim  Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat. Pihaknya telah berusaha untuk menampilkan yang terbaik.

“kita sudah tampil maksimal, Insya Allah memperoleh hasil yang terbaik, ” ujarnya.

Materi yang ditampilkan pada lomba parade juga sesuai dengan yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo pada pembukaan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2019 dengan tema tingkatkan kinerja kader PKK, melalui Pengelolaan administasi PKK.

Selain itu, menurut Yanieta Arbiastutie, momentum ini juga merupakan kesempatan untuk mengangkat kearifan lokal khususnya kota Pontianak.

“Pakaian ini karya desainer Kota Pontianak dan di desain dengan tenun corak insang serta ornamen berciri khaskan Kota Pontianak sehingga menghasilkan kostum yang luar biasa, kita optimis bisa juara ” pungkas Yanieta. (My/Humpro)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *