Pilkada Serentak 2020, Baru Kapuas Hulu yang Selesai NPHD

  • Whatsapp
H Ria Norsan. Foto HUMPRO
banner 468x60

LensaKalbar – Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan mengingatkan kepada pemerintah kabupaten yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 agar segera menyelesaikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang menjadi cikal bakal pendanaan Pilkada di setiap daerah.

“Pencarian dana dari NPHD harus dipastikan tepat waktu supaya tidak ada kendala dalam melaksanakan Pilkada 2020 mendatang,” kata Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan dalam Rapat Kordinasi Kesiapan Anggaran Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020, di Hotel Mercure, Jumat (27/9/2019).

Adapun daerah yang melaksanakan Pilkada serentak di tahun 2020 mendatang yaitu, Kabupaten Sambas, Sintang, Ketapang, Bengkayang, Kapuas Hulu, Melawi.

Selain itu, Ria Norsan mengingatkan kepada seluruh bupati yang mengikuti Pilkada serentak dalam perubahan APBD untuk memasukkan anggaran untuk pelaksanaan pilkada tersebut.

“Provinsi tidak ada menganggarkan, karena memang kewajibannya itu di APBD kabupaten tersebut. Saya juga sudah bilang ke mereka untuk mengatisipasinya di dalam perubahan APBD 2019 sudah dianggarkan untuk tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua di APBD murni tahun 2020,” tuturnya.

Ia pun sangat mengapresiasi atas pemerintah kabupaten Kapuas Hulu yang sudah mempersiapkan NPHD Pilkada serentak. berharap kabuapaten yang belum untuk segera diselesaikan.

“Kabupaten Kapuas Hulu NPHD sudah selesai dan saya mendapatkan informasi kabupaten Melawi akan menyusul. Untuk yang belum segera diselesaikan,” harapannya.

Tak hanya itu saja, mantan Bupati Mempawah dua periode ini meminta untuk pihak penyelenggara pemilu seperti Bawaslu dan KPU membangun sinegri dengan pemerintah daerah setempat, guna mempercepat penyelesaian NPHD tersebut.

“Saya meminta kepada Bawaslu dan KPU tetap membangun sinegritas dengan pemerintah daerah setempat. Khususnya daerah-daerah yang belum menyepakati anggaran pemilu 2020. Mohon terus dilakukan sinkronisasi,” tutupnya. (Nrt/Humpro)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *