Wagub Kalbar Buka Festival Budaya Paradje Pasaka Negeri ke-XI, Ini Pesannya

  • Whatsapp
banner 468x60

LensaKalbar –  Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan membuka festival budaya Paradje Pasaka Negeri ke-XI Tahun 2019 di Halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan festival Paradje Pasaka Negeri Ke-XI berlangsung dari tanggal 18-31 September 2019, merupakan suatu acara perpaduan antara agama, adat istiadat dan seni budaya, yang secara turun menurun sejak zaman nenek moyang Melayu Muara Kantu, yang di yakini pada masa itu adalah untuk membersihkan negeri di Kabupaten Sanggau dari mara bahaya dan malapetak dari berbagai macam musibah dan penyakit atau bencana alam.

“Saya berharap kegiatan festival Paradje menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan di dalam kehidupan masyarakat di kalbar pada umumnya dan kabupaten Sanggau pada khususnya,” ungkap Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan.

Festival Paradje dinilainya bisa melestarikan budaya leluhur supaya tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar yang negatif, sehingga dapat menyebabkan kehilangan jati diri.

“Sikap demikian bukan berarti menutup diri dari pergaulan global yang dinamis, melainkan sebagai sikap dan tanggung jawab kita selaku pemegang tongkat estafet terhadap amanah generasi terdahulu untuk diteruskan kepada generasi masa kini dan masa mendatang,” tuturnya.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan dalam pasal 1 ayat (2) bahwa Kebudayaan Nasional Indonesia adalah keseluruhan proses dan hasil interaksi antar kebudayaan yang hidup dan berkembang di Indonesia.

“Indonesia dulunya tidak terlepas kepada kerajaan sebelumnya, jadi budaya-budaya melayu di Kalbar khususnya di Sanggau ini, mari kita lestarikan, tak hanya di Sanggau saja di kabupaten Mempawah juga ada robo-robo itu harus dilestarikan. Ini semua mencerminkan bahwa kita ini tidak melupakan suatu sejarah yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita,” katanya.

Dalam festival budaya Paradje Pasaka Negeri Ke-XI Tahun 2019 Wakil Gubernur H. Ria Norsan menyerahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dari Menteri Pendidikan. (Nrt/Humpro)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *