Sambut Tahun Baru Islam 1441 H, Sintang Gelar Lomba Pawai Obor

  • Whatsapp
Menyambut malam Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 1 Muharam, ratusan warga Sintang, turun ke jalan menggelar pawai obor, Sabtu (31/8/2019) malam

LensaKalbar – 640 warga Sintang turun ke jalan untuk mengikuti lomba pawai obor. Hal itu dilakukan untuk memeriahkan malam Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 1 Muharam.

Pesertanya dari masing-masing perwakilan sekolah SMPN, MTs, MA, SMA/SMK, Remaja Masjid, dan Ibu-ibu Majelis Taklim di lingkungan  masjid Kota Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno melepas peserta pawai obor dari depan Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (31/8/2019) malam.

Bupati Jarot dalam sambutannya mengatakan bahwa Tahun Baru Islam 1441 Hijriah merupakan momentum kita semua untuk introspeksi diri agar bisa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Inilah hikmah utama yang dapat kita rayakan pada malam ini. Mungkin di berbagai tempat juga melakukan hal yang serupa seperti pawai obor, suroan, pawai benda-benda keraton, dan bahkan ada yang menggelar doa akhir dan awal tahun,” ujar Bupati Jarot.

Menurut Jarot, ada satu hal penting yang dapat di petik pada peringatan tahun baru islam tahun ini. Dimana ditetapkannya awal  penanggalan islam pada zamannya Halifah Umar Bin Khatab. Kemudian, mulai dipilihnya awal tahun ini menandai hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Selanjutnya di Madinah didirikannya pemerintahan Islam yang Rahmatan Niralamin yang mengayomi seluruh masyarakat  dari berbagai suku  dan komponen bangsa yang ada.

“Jadi, peringatan hari besar islam ini, mengenang peristiwa tersebut , membiasakan kita  mempergunakan  penanggalan muslim dan  yang terpenting adalah Islam yang Rahmatan Niralamin,” katanya.

Di tempat yang sama,  Ketua Panitia Pelaksana Lomba Pawai Obor, H Anang Nurkholis mengatakan, bahwa lomba pawai obor ini salah satu sarana siar Islam dalam rangka memasuki  Tahun Baru Islam 1441 Hijriah. Momentum inipun diharapkannya dapat memperkuat ukuwah Islamiah masyarakat Sintang dan memperkuat silaturahmi antar umat beragama lainnya.

Menurutnya, lomba pawai obor ini di ikuti sebanyak 34 regu. Satu regunya di isi 21 orang. Sehingga total keseluruhan pesertanya ada 640 orang.

“Ini kita laksanakan sebagai bentuk menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah. Alhamdulillah pesertanya cukup antusias sekali,” pungkasnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *