Akhirnya, Bupati Jarot Lantik Kades Senibung dan Nanga Sake

  • Whatsapp
Kepala Desa Senibung, Kecamatan Ketungau Hilir dan Kepala Desa Nanga Sake, Kecamatan Ambalau saat dilantik Bupati Sintang, Jarot Winarno di Pendopo Bupati Sintang, Senin (26/8/2019)

LensaKalbar – Setelah melalui polemik panjang. Akhirnya, dua kepala desa (Kades) di Kabupaten Sintang dilantik juga oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di Pendopo Bupati Sintang, Senin (26/8/2019).

Kedua Kades itupun, adalah:

  • Kepala Desa (Kades) Senibung, Kecamatan Ketungau Hilir
  • Kepala Desa (Kades) Nanga Sake, Kecamatan Ambalau

“Keduanya sudah dilantik hari ini,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkolanus Roni.

Roni mengaku pelantikan kedua Kades terpilih dari pemilihan kepala desa serentak tahun 2018 lalu memang terlambat dari sebelumnya. Sebab kedua desa tersebut mendapatkan polemik ditengah masyarakat.

“Karena ada yang kurang puas dengan hasil Pilkades kedua desa itu, sehingga para pihak melanjutkan gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Dan pada akhirnya putusan dari PTUN berjalan dengan lancar dan hasilnya inkrah setelah 14 hari tidak dilakukan upaya banding, makanya hari ini dilantik langsung oleh Bupati Sintang,” beber Roni.

Polemik yang dialami kedua desa itu, menurut Roni, adalah hal yang lumrah dalam proses demokrasi. “Dalam dinamika demokrasi, tentu tidak boleh saling membatas-batasi, jadi kalau ada para pihak yang merasa proses penyelenggaraan pemerintah dianggap belum memuaskan, maka mereka boleh melakukan gugatan ke PTUN, dan itu dipersilahkanā€¯, ujarnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *