Ayo, Wujudkan SDM yang Inklusif

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno (kanan) dan Wakil Bupati Sintang, Askiman (kiri) saat menghadiri malam resepsi kenegaraan di Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (17/8/2019) malam
banner 468x60

LensaKalbar – Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar malam resepsi kenegaraan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang, Sabtu (17/8/2019) malam.

Pada malam resepsi kenegaraan ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sintang, Jarot Winarno, Askiman, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, Kasrem 121 Alambhana Wanawai Sintang, Kol. inf. Achmad Solihin, Dandim 1205 Sintang, Letkol. Inf. Rachmat Basuki, Danyon 642 Kapuas, Mayor. Inf. Condro Edi Wibowo dan Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi, SIK,.MH, para Asisten, pimpinan OPD, Instansi vertikal, anggota dan keluarga Veteran serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa kesadaran faktual akan arti kemerdekaan adalah menginvestasikan sumber daya manusia secara kontinyu. Itu dilakukan harus dengan kerja keras semua pihak.

“Kita perlu mengembangkan kultur membangun manusia dengan melakukan pencerdasan bangsa yang inklusif. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Sintang untuk mendukung upaya perkuat faktor Pendidikan, penguatan SDM dan faktor pendukungnya,” kata Bupati Jarot.

Bupati Jarot menilai diusianya yang ke-74 tahun, bangsa Indonesia telah banyak mengalami kemajuan seperti yang kita rasakan saat ini. Kendati demikian, tidak sedikit pula permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, termasuk Kabupaten Sintang, mulai dari persoalan ekonomi, politik, dan sosial budaya.

“Alhamdulillah berbagai capaian pada sektor pembangunan telah kita hasilkan. Seperti jalan, jembatan, maupun bidang kesehatan dan pendidikan,” ungkapnya.

Tema HUT RI ke-74 tahun ini adalah “‘Dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, mari kita wujudkan SDM unggul Indonesia maju”.

Olehkarenanya, Jarot mengingatkan bahwa tahun 2045 adalah momentum di mana umur Indonesia tepat satu abad merdeka. Ihwal itupun mengisyaratkan bahwa Indonesia bakal menjadi negara terbesar ketiga di dunia.

Untuk menyambutnya, kata Jarot, maka sumber daya manusia (SDM) yang ada harus dibangun dengan serius dan unggul. Barulah Indonesia, khususnya Sintang bisa maju.

“Kita tidak boleh puas dengan pertumbuhan ekonomi yang hanya 5 persen. Itu tidak cukup,” kata Bupati Jarot.

Apabila SDM-nya unggul, kata Jarot, maka masa depan Indonesia, khususnya Kabupaten Sintang ada di tangan mereka (generasi muda,red) kedepannya. Apalagi tahun 2045 mendatang merupakan momentum satu abad usia kemerdekaan Indonesia.

“Ini yang disebut-sebut sebagai tahun emas Indonesia dan Indonesia diprediksi sebagai negara terbesar ketiga di dunia,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, seumlah pejabat mendapatkan beberapa penghargaan dari Bupati Sintang atas dedikasi dan kinerja selama tahun 2018 dan 2019. Selain itu, beberapa guru, siswa, instansi, desa, dan sejumlah tokoh kesehatan tauladan yang berprestasi juga menerima penghargaan dari Bupati Sintang. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *