DPRD Batang Belajar ke Kubu Raya

  • Whatsapp

LensaKalbar – Komisi C DPRD Kabupaten Batang, Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kubu Raya, Selasa (6/8/2019).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Komisi Sunarto diterima langsung Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo di Ruang Rapat Pamong Praja I Kantor Bupati Kubu Raya. Kedatangan Komisi bermaksud melakukan studi banding terkait program revitalisasi pasar tradisional yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

“Kehadiran kami ke sini dalam rangka menuntut ilmu dan belajar kepada Kabupaten Kubu Raya. Karena saat ini upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia itu sudah menjadi tuntutan,” ujar Sunarto.

Sunarto mengatakan, pasar selain sebagai jantung perekonomian masyarakat, juga potensial menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena itu, pihaknya hendak mempelajari bagaimana penataan pasar di Kabupaten Kubu Raya.

Sebab, menurut dia, meskipun berpeluang sebagai andalan dalam PAD, pasar juga menyimpan potensi masalah jika tidak dikelola dengan benar.

“Kadangkala pasar juga bisa menjadi masalah di samping mendatangkan PAD. Sehingga apa yang kita dapatkan di Kubu Raya bisa kita jabarkan, sampaikan, dan tularkan di Kabupaten Batang. Agar Batang ini minimal akan bisa lebih baik di dalam tata kelola birokrasi maupun kemasyarakatan,” tuturnya.

Sementara, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo mengaku bangga dengan dipilihnya Kabupaten Kubu Raya sebagai lokasi studi tiru DPRD Kabupaten Batang.

Menurut dia, hal terpenting dari kegiatan studi tiru adalah didapatnya ilmu dan informasi baru yang aplikatif khususnya bagi daerah yang melakukan kunjungan.

“Jadi itu yang terpenting. Sehingga ketika menggunakan keuangan negara, tentunya kita mendapatkan sesuatu untuk kemaslahatan umat di daerah kita. Paling tidak kebijakan apa yang bisa diadopsi dan kemudian diterapkan. Karena salah satu tujuan utamanya adalah kita coba mengadopsi baik itu kebijakan, perkembangan, dan strategi pemerintah daerah yang dikunjungi,” pungkasnya. (Humpro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *