Ciptakan Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera, Erlina Minta Kades dan BPD Kompak

  • Whatsapp
banner 468x60

LensaKalbar – Ratusan aparatur pemerintahan desa se-Kabupaten Mempawah mengikuti kegiatan pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinsos PPPAPM Pemdes) Kabupaten Mempawah di Aula Wisma Chandramidi, Selasa (30/7/2019).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Mempawah, Hj Erlina. Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mempawah, Rudi, Kepala Dinas Dinsos PPPAPM Pemdes, Burhan, Camat se-Kabupaten Mempawah dan peserta pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa.

Bupati Mempawah, Erlina mengatakan kepala desa dan perangkat desa merupakan ujung tombak atau garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Melalui kewenangan desa serta peran strategis penyelenggara urusan pemerintahan dilevel terdepan diperlukan pelayan atau pejabat publik yang memiliki dedikasi dan integritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

Ia menambahkan, Lembaga Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) memiliki salah satu fungsi pengawasan terhadap kinerja kepala desa, harus mampu menjadi kontrol terbaik bagi pemerintah desa agar tetap sesuai dengan jalurnya dengan mengedepankan jalur kemitraan.

“Saya harap pemerintah desa dan BPD dapat bersinergi untuk bersama-sama mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera,” ucapnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan sesuai dengan visi Kabupaten Mempawah yang Cerdas, Mandiri dan Terdepan. Pemerintah desa dapat mengalokasikan anggaran untuk peningkatan sektor pendidikan. Tidak hanya itu pemerintah desa juga dapat berlomba-lomba meningkatkan status menjadi desa Mandiri seperti yang diprogramkan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Kami harap pemerintah desa dapat melakukan pembenahan Profil Desa dan harus selesai hingga bulan desember 2019 ini. Profil desa ini penting karena merupakan salah satu indikator dalam mengukur potensi yang ada di Kabupaten Mempawah guna terwujudnya desa Mandiri,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Sosial PPPAPM Pemdes Kabupaten Mempawah, Burhan menjelaskan, tujuan dilaksanakan pelatihan aparatur pemerintahan desa dalam Manajemen Pemerintah desa adalah Pertama meningkatkan kompetensi Aparatur Pemerintahan Desa dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi sesuai aturan yang berlaku. Kedua, mendorong sinergitas dan sinkronisasi hubungan pemerintahan desa dengan BPD serta pemerintah Kecamatan. Ketiga mendorong manajemen Pemerintahan Desa yang Akuntabel transparan partisipatif, tertib dan disiplin anggaran. Dan keempat mewujudkan penyelenggaran desa yang baik. (Syf/Humpro)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *