Beranda Parlemen Amanat Kurikulum 2013, Pramuka Jadi Ekskul Wajib di Sekolah

Amanat Kurikulum 2013, Pramuka Jadi Ekskul Wajib di Sekolah

Agustinus Aci

LensaKalbar – Anggota DPRD Sintang, Agustinus Aci mengimbau agar kegiatan pramuka bisa menjadi ekstrakurikuler (ekskul) wajib yang harus diikuti seluruh peserta didik di sekolah. Baik pelajar di tingkat SD, SMP maupun jenjang pendidikan SMA.

Imbauan itu mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Yang diperkuat dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81A Tahun 2013 Lampiran III tentang Implementasi Kurikulum.

“Di dalam Kurikulum 2013, kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib dari sekolah dasar (SD/MI) hingga sekolah menengah atas (SMA/SMK). Dalam pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pelaksananannya dapat bekerja sama dengan organisasi Kepramukaan setempat/terdekat,” kata Agustinus Aci, Selasa (4/6/2019).

Menurutnya, dalam regulasi tersebut menerangkan kegiatan kepramukaan yang dilakukan di luar sekolah atau terkait dengan berbagai satuan pendidikan lainnya, bisa ditentukan oleh pengelola atau pembina kepramukaan. Salah satunya adalah Jambore Pramuka.

“Bisa diatur agar tidak bersamaan dengan waktu belajar kurikuler rutin,” imbuhnya.

Dia mencontohkan dengan mengikuti kegiatan pramuka, akan membentuk karakter para pelajar. Selain itu, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam berorganisasi. Sekaligus menambah jejaring pergaulan anggota Pramuka antar sekolah.

“Pramuka ini, memiliki banyak manfaat bagi pelajar. Mereka dapat dibimbing orang-orang yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan lebih. Sehingga menambah pengalaman dalam berorganisasi,” ungkapnya.

Selain itu, dengan mengikuti ekskul Pramuka, para pelajar juga dapat mengisi waktu luangnya dengan hal-hal positif. Sehingga dapat menjauhi perbuatan negatif. Yang dapat berdampak pada masa depan para peserta didik nanti.

Karena itu, Agustinus Aci meminta kepada para orangtua untuk mengizinkan anaknya, untuk bergabung dan meluangkan waktu. Untuk mengikuti ekskul Pramuka ini.

“Para pelajar sebagai generasi penerus harapan bangsa, hendaknya membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman sejak dini. Salah satunya lewat ekskul Pramuka ini. Dan butuh peran orang tua, untuk memberikan dukungan bagi mereka,” pesannya. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here