Beranda Sintang Mendaki Ramadhan, Bupati Jarot Ajak Raih Kemenangan Bersama

Mendaki Ramadhan, Bupati Jarot Ajak Raih Kemenangan Bersama

Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutannya pada kegiatan Buka Puasa Bersama dan Silaturahmi Ramadhan 1440 Hijriah di Rumah Adat Melayu (RAM) Sintang, Minggu (19/5/2019)

LensaKalbar – Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Kabupaten Sintang membaur menjadi satu dalam rangkaian kegiatan Syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Ada beberapa ormas yang terlibat dalam kegiatan tersebut seperti, MUI, DMI, PHBI, IPHI, ICMI, BKPRMI, BKMT, POM, MABM dan lain-lainnya.

Dalam event tersebut, telah beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan seperti, Pawai ta’aruf, Kajian Qur’an dan Hadits, ICMI Goes To Campus, Silaturahmi Masjid.

Nah, Minggu (19/5/2019), panitia bersama Syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah menggelar kegiatan Buka Puasa Bersama dan Silaturahmi Ramadhan 1440 Hijriah di Rumah Adat Melayu (RAM) Sintang.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno yang dihadiri oleh Ketua Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Kalbar, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA, Forkopimda, dan ratusan masyarakat muslim di Kabupaten Sintang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sintang, Jarot Winarno menilai bulan suci ramadhan tahun ini seperti sebuah pendakian yang harus dicapai bersama. Tujuannya agar bersama-sama merayakan hari kemenangan bagi umat muslim pada Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum merayakan hari kemenangan itu, ada beberapa kewajiban yang harus dijalankan seluruh umat muslim. Terutama diwajibkannya agar berpuasa selama satu bulan penuh.

Tatkala memasuki waktu sepertiga Ramadhan. Ada satu malam yang disebut – sebut 1000 bulan. Malam itupun adalah “Malam Lailatul Qadar”. Diyakini malam itu membawa berkah dan hikmah bagi umat muslim.

“Ini bulan yang sangat luar biasa, kita dijanjikan malam lebih dari 1000 bulan. Nah, kalau kita tidak di dorong dari kita sendiri, maka tidak akan dapat hikmah dari malam 1000 bulan itu,” ucap Bupati Jarot.

Memaknai “Malam Lailatul Qadar”, menurut Jarot, hanya diri sendirilah yang mampu dan dapat mendorong untuk meraih hikmah di malam itu.

Olehkarenanya, orang nomor satu di Bumi Senentang itupun mengajak seluruh umat muslim di Kabupaten Sintang agar bersama-sama mendaki Ramadhan ini dengan tujuan yang sama. Salah satunya mencapai ke titik hari kemenangan yaitu, Idul Fitri.

“Saya harap ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, memberikan kesejukan, ketentraman, dan mudah-mudahan kita dapat menjalankan bulan suci Ramadhan kali ini dengan sebaik-baikny,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sintang, H Ade Kartawidjadja mengatakan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan ketiga yang diselenggarakan oleh Panitia Bersama Syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Ini kegiatan ketiga kita dari tujuh kegiatan yang akan dilaksanakan. Tujuannya  untuk menghidupkan syiar ramadhan sebagai bulan saling berbagi kepada sesama umat muslim yang ada di Kabupaten Sintang,” katanya.

Dengan saling berbagi, tambah dia, bulan yang penuh berkah dan hikmah inipun dinilainya mampu mempererat dan meningkatkan tali persaudaraan.

“Ini untuk memupuk tali silaturahim, membangun kebersamaan, mengembangkan ormas-ormas islam, dan merekatkan kembali tali persaudaraan kita,” tutupnya. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here