Ungkap Dua Kasus Narkoba, DPRD Acungi Jempol untuk Polres Sintang

  • Whatsapp
Welbertus
banner 468x60

LensaKalbar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang mengapresiasi dan mengacungkan jempol untuk Kepolisian Resor (Polres) Sintang, atas keberhasilannya dalam mengungkap kasus narkoba di Bumi Senentang.

Keberhasilan ini, kata Anggota DPRD Sintang Welbertus, secara tidak langsung menyelamatkan generasi anak bangsa. Tak hanya itu, Polres Sintang dan jajarannya dinilai berhasil menekan dan memperkecil ruang gerak bandar narkoba untuk tidak main-main memasarkan narkoba di Bumi Senentang.

“Kita apresiasi dan ancungkan jempol lah untuk Polres Sintang. Kalau bisa tidak hanya pengedar saja, tapi bosnya juga kita harap dapat ditangkap juga,” ujarnya saat ditemui sejumlah awak media di halaman Mapolres Sintang, Kamis (16/5/2019).

Narkoba, menurut dia, ibaratkan fenomena gunung es, jadi yang muncul ke permukaan saja terlihat, sebenarnya peredaran yang tidak tertangkap oleh pengawasan aparat juga banyak.

“Penyebaran narkoba ini sudah tidak perorangan lagi tetapi terorganisir dengan baik,” sebutnya.

Untuk mengungkapkan lebih banyak lagi, kata Welbertus, kata kuncinya harus ada koordinasi dan komunikasi antar petugas atau aparat penegak hukum. Semua elemen diharapkan bisa membantu kepolisian apalagi ini negara kita sudah dianggap darurat narkoba. Sehingga bukan hanya tanggungjawab penegak hukum.

“Masyarakat juga harus aktif dan berpartisipasi menyampaikan informasi adanya indikasi peredaran narkoba. Kalau bisa laporkan segera ke pihak kepolisian terdekat, agar dapat ditindaklanjuti,” tuturnya.

Sebab, menurut Welbertus, dalam menekan peredaran narkoba di Bumi Senentang tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawabnya pihak kepolisian saja. Perlu peran tokoh masyarakat, tokoh agama hingga pemuda.

“Pemberantasan narkoba tidak bisa dilakukan sendiri, diperlukan partisipasi dari semua pihak. Penyadaran hukum tidak bisa sendiri tetapi harus komprehensif. Apalagi kalau sampai masuk ke desa, aparat dan pemerintah desa harus berperan aktif terlebih tingkat RT dan RW,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *