Awas! Jalan Berlubang Masih Menghantui Kota Sintang

  • Whatsapp
Pengendara roda dua melintasi ruas Jalan Simpang Lima menuju Traffic Light (Simpang Polres Sintang) berlubang, Rabu (15/5/2019)
banner 468x60

LensaKalbar – Dentuman keras velg sepeda motor ataupun mobil kerap kali terdengar setiap melintas jalanan Kota Sintang. Hal itu dikarenakan banyaknya lubang-lubang yang menganga dari arah ruas Jalan Simpang Lima menuju Traffic Light (Simpang Polres Sintang).

Alhasil, kini rentetan jalan berlubang tak luput menjadi pandangan waspada setiap pengguna jalan melintas. Sapaan lubang-lubang besar kian menjadi momok menakutkan bagi pengguna jalan terutama pengguna roda dua. Sekiranya sampai kapankah jalanan itu nyaman dan aman untuk dilalui?

Mangavan satu di antara pengendara roda dua mengaku harus ekstra waspada saat mulai menghampiri lubang-lubang menganga. Saat terkena lubang, tidak hanya pengemudi yang jatuh dan terluka namun motornya pun bisa juga menjadi korban.

“Sering sekali kena lubang, apalagi kalau hujan lubang-lubang di ruas ini tidak kelihatan, karena tergenang air,” kata Mangavan, Rabu (15/5/2019).

Adapun jalan berlubang kini menjadi sosok yang perlu diperhatikan setiap pengguna jalan. Apabila tidak berhati-hati, kecelakaan pun bisa terjadi.

“Bahaya sekali itu (lubang di jalan) bisa mengakibatkan kecelakaan, apalagi kalau pengemudi jalan tidak tahu kondisi jalan, bisa jatuh kalau kena lubang,” terangnya.

“Sudah berbulan-bulan saya lewat belum ada tanda-tanda perbaikan. Lubangnya memang kecil tapi membahayakan, apalagi kalau hujan,” tambahnya.

Olehkarenanya, Mangavan berharap Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sintang agar memperhatikan kondisi ruas jalan kota ini. Apalagi ruas ini menjadi akses utama mobilitas masyarakat untuk menuju beberapa kecamatan, desa, dan kelurahan yang ada di Kabupaten Sintang.

“Ya, kita hanya bisa berharap segera diperbaiki lah, sebelum ada korban yang jatuh akibat jalan berlubang itu,” katanya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Sintang, AKP Rizal Satria mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat agar berhati-hati dan waspada, apabila melintas dari arah simpang lima menuju Traffic Light (Simpang Polres Sintang).

Pasalnya, ada beberapa titik di ruas jalan itu kondisinya dalam keadaan berlubang, sehingga diperlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi.

“Hati-hati dalam berkendaraan, perhatikan kecepatan dan tetap konsentrasi dalam berkendara saat melintas di ruas tersebut,” imbau Kasat Lantas Polres Polres Singang.

Selain itu, AKP Rizal Satria, juga berharap pengendaraan roda dua maupun roda empat tidak bermain handphone saat berkendara. Sebab ihwal tersebut dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Terlebih kondisi ruas jalan di dalam kota masih banyak ditemukan berlubang.

“Hindari penggunaan handphone saat berkendara dan gunakan sefety belt pada kendaraan roda empat,” pungkasnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *