Cek Harga, TPID Sintang Monitoring Bapokting

  • Whatsapp
Ketua Tim Harian TPID Sintang, Yosepha Hasnah melakukan monitoring dan mengecek harga Bapokting di sejumlah pasar tradisonaol di Kecamatan Sintang, Kamis (9/5/2019)
banner 468x60

LensaKalbar – Ketua Harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sintang melakukan monitoring terhadap perkembangan stok dan harga berbagai kebutuhan bahan pokok dan penting (Bapokting) di Pasar Sayur Masuka, Kecamatan Sintang, Kamis (9/5/2019).

Di Pasar Sayur Masuka, Yosepha Hasnah terlihat berbincang dengan para pedagang. Langkah itu dilakukannya agar mengetahui secara rill kondisi sejumlah bahan poko dan penting yang dijual para pedagang. Hasilnya terjadi kenaikan harga. Namun,ihwal tersebut dinilainya masih dalam ambang kewajaran. Pasalnya stok sembako masih aman dan mencukupi.

“Harga memang ada kenaikan pada harga sembako dan daging. Cabe masih harga normal. Bawang, daging ayam, dan sapi mengalami kenaikan yang masih wajar,” unmgkap Yosepha Hasnah usai melakukan monitoring di sejumlah pasar tradisional.

Adapun langkah untuk meminimalisir kenaikan harga sembako tersebut, kata Yosepha, pihaknya akan segera melakukan operasi pasar (OP). “Kita akan melakukan operasi pasar saat kunjungan safari ramadhan dan bekerjasama dengan Bulog,” ujarnya.

Kendati demikian, Yosepha tetap meminta kepada pedagang dan agen untuk menjaga stok yang ada, supaya harga bisa stabil. “Jangan memperamiankan harga. Kalau bisa tak ada kenaikan harga,” pintanya.

Di tempat yang sama, Kadisperindagkop dan UKM Sintang, Sudirman mengaku bahwa pihaknya sudah intens melakukan koordinasi dengan pedagang dan agen  sembako. Rata-rata mereka (pedagang dan agen, red) memastikan ketersediaan sembako di Kabupaten Sintang dalam kondisi aman dan mencukupi selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Terkait operasi pasar, ungkap Sudirman, pihaknya telah melakukan mapping. Terdapat 10 titik di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang bakjal dilaksanakannya oeprasi pasi.

Ke 4 kecamatan itupun, adalah:

  • Sintang
  • Binjai Hulu
  • Dedai
  • Sungai Tebelian

“Ini salah satu upaya kita membantu masyarakat dalam menyediakan sembako yang terjangkau dan mengendalikan harga di saat permintaan yang tinggi,” kata dia.

Sementara, Kepala Perum Bulog Sub Divre Sintan, Maradona Singal menghimbau agar masyarakat tidak resah dengan kenaikan harga dan ketersediaan sembako. Sebab Perum Bulog memiliki stok yang banyak di gudang.

“Jangan khawatir, stok kita banyak. Silakan kepada masyarakat yang mau membeli langsung ke Perum Bulog di Jalan Alambana Wanawai. Disana kami menjual beras, gula, minyak goreng, terigu dan daging beku,” imbaunya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *