Beranda Parlemen Welbertus: Jangan Takut Lapor Kasus Narkoba ke Aparat Hukum

Welbertus: Jangan Takut Lapor Kasus Narkoba ke Aparat Hukum

Welbertus

LensaKalbar – Sebagai wujud memerangi penyalahgunaan dan peredaran Narkoba, masyarakat harus berani melapor ke aparat hukum bila melihat orang-orang yang memakai atau mengedarkan barang penghancur masa depan tersebut.

“Minimal di lingkungan sekitar atau keluarga terdekat,” kata Anggota DPRD Sintang, Welbertus, Minggu (1/5/2019).

Tidak bisa dimungkiri, melaporkan kasus Narkoba memang menjadi momok menakutkan di tengah masyarakat. Lantaran takut diincar sindikat atau lainnya.

Risiko melaporkan kasus Narkoba memang lebih besar dibandingkan tindak kejahatan lainnya. Namun masyarakat juga harus memahami, keselamatan pelapor tentu akan diprioritaskan aparat penegak hukum, di antaranya dengan merahasiakan identitasnya.

Aparat penegak hukum tentunya dituntut untuk menindaklanjuti informasi tersebut. Sudah banyak contoh kasus Narkoba yang terungkap berawal dari informasi masyarakat.

Menginformasikan kasus Narkoba ini, menurut Evi–sapaan Ermin Elviani–merupakan salah peran masyarakat untuk bersama-sama aparat hukum memerangi barang haram ini.

Selain itu, langkah berani ini juga sebagai salah satu upaya melindungi keluarga dari jurang kehancuran akibat kecanduan Narkoba.

“Keluarga sebagai salah satu elemen penting dari masyarakat, harus menjadi garda terdepan dalam menjaga generasi bangsa dari Narkoba,” ingat Welbertus.

Ia juga mengingatkan, bahwa keluarga merupakan tameng terkuat untuk menjaga generasi penerus bangsa dari bahaya Narkoba.

Memerangi Narkoba, tambah Welbertus, merupakan tanggung jawab bersama, baik penegak hukum, pemerintah maupun masyarakat. “Semua harus kompak,” pesannya.

Welbertus juga meminta aparat penegak hukum jangan menyia-nyiakan keberanian masyarakat untuk menginformasikan kasus Narkoba. “Dengan menindak pelaku tanpa toleransi sedikit pun,” pintanya.

Ia berharap penegakan hukum tidak pandang bulu, apalagi terhadap kasus Narkoba yang jelas-jelas mengancam keberlangsungan bangsa. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here