Beranda Headline Gempa Magnitudo 3,1 SR Guncang Sintang

Gempa Magnitudo 3,1 SR Guncang Sintang

LensaKalbar – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,1 SR, terjadi di kawasan Bukit Kelam, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Berdasarkan data BMKG, Rabu (27/3/2019) sekitar pukul 05.40 WIB wilayah Kabupaten Sintang dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Gempa bumi itupun berkekuatan magnitudo 3,1 SR tepatnya di titik koordinat 0.08 LU dan 111.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 48.63 km Timurlaut Sintang-KALBAR pada kedalaman 5 km, dan atau di kawasan Bukit Kelam Sintang.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar lokal,” kata Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto yang dirilis di group WhatspApp BMKG Kalbar.

Dampak gempa bumi yang dirasakan, kata Mudjianto, tidak banyak. Hanya beberapa orang saja yang merasakannya. “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Kendati demikian, Mudjianto mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar), khususnya Kabupaten Sintang agar tetap tenang dan tidak panik. Pasalnya hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (Aftershock).

“Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya. (Dex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here