Pokir 35 Dewan Bisa Hasilkan 350 Pustu

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Ketua Komisi A DPRD Sintang, Syahroni, dan Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh foto bersama kepala desa dan tokoh masyarakat usai meresmikan Pustu Gandis Hulu, Kecamatan Dedai, Minggu (24/3/2019)
banner 468x60

LensaKalbar – Sintang memiliki 35 wakil rakyat yang duduk di gedung parlemen (DPRD,red). Tapi hanya satu wakil rakyat yang menyerap dan menampung aspirasi masyarakatnya.

“Bayangkan jika 35 anggota DPRD menyisihkan pokok pikiran (Pokir) untuk pembangunan 2 unit Pustu per orang. Artinya ada 70 unit Pustu dibangun setiap tahun. Jika dikalikan 5 tahun, jumlahnya 350 pustu. Jika itu terjadi, pemerintah daerah sangat terbantu dan tidak terlalu pusing untuk menganggarkan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh, Minggu (24/3/2019).

Mengingat, anggaran pembangunan Pustu selama ini menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. “APBD kita belum bisa membangun Pustu untuk semua desa di Kabupaten Sintang. Makanya, kami butuh sekali bantuan dari temen-teman di legislatif,” katanya.

Olehkarenanya, Sinto berterima kasih dengan anggota dewan yang sudah memberikan pokok pikirannya untuk pembangunan Pustu Desa Gandis Hulu. Diharapkan Pustu tersebut dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pelayanan kesehatan.

“Pustu Desa Gandis Hulu berasal dari pokok pikiran pak Syahroni,” katanya.

Mengenai penempatan tenaga medis, akan dilakukan oleh Kepala Puskesmas Dedai.
“Saya minta petugasnya nanti selalu stand by, tidak sering pulang kampung. Boleh saja pulang, setidaknya tiga bulan sekali. Jadi, ketika masyarakat ingin berobat, kapanpun selalu siap,” pintanya.

Sinto berharap kedepan, masyarakat tidak lagi takut berobat karena tidak punya uang. Sebab Polindes, Pustu hingga Puskesmas siap melayani seluruh masyarakat.

“Apabila tidak punya BPJS, ada Perda tarif kesehatan dari Kabupaten Sintang. Jika tetap ndak mampu membayar sesuai Perda tarif itu, ngomong saja dengan Kepala Puskesmasnya supaya digratiskan,” sarannya.

Kepala Desa Gandis Hulu, Hijrah Firmansyah mengatakan pembangunan pustu di desanya merupakan bukti kehadiran pemerintah. Itu juga menandakan bahwa pemerintah peduli dengan kesehatan masyarakat. Ia kemudian berterima kasih pada Syahroni, anggota DPRD Sintang yang sudah memberikan aspirasi untuk pembangunan Pustu di desanya.

“Semoga keberadaan Pustu ini bisa melayani masyarakat sesuai keinginan kita bersama. Mohon pada Kadinkes dan Kepala Puskesmas Dedai agar tenaga medis yang ditugaskan, selalu siap melayani masyarakat. Dan masyarakat bisa menghargai tenaga medis yang ada,” pintanya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *