Kate Bang Midji, ICMI Jangan Jadi Penonton!

  • Whatsapp
Pembacaan sumpah dan janji Majelis Pengurus Wilayah ICMI Sintang, Sabtu (26/1/2019) di Pendopo Bupati Sintang

LensaKalbar – Usai prosesi pengukuhan pengurus ICMI Sintang, Sabtu (26/1/2019). Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berpesan agar tidak menjadi penonton. Tapi diharapkan dapat memberikan saran dan masukan yang baik dalam mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan pembangunan.

“ICMI jangan hanya menjadi penonton tetapi harus memberikan masukan dan saran yang baik dan membangun,” kata Sutarmidji.

Selain itu, ICMI  dinilainya harus mampu menangkap dan mempelajari berbagai perkambangan isu yang sedang bergulir di Indonesia. Khususnya di Kalimantan Barat.

“ICMI saya harap mampu memberikan pemikiran dan sumbangan yang membumi sebagai landasan mengambil keputusan. Contohnya perubahan undang-undang perkawinan, ICMI seharusnya memberikan saran dan pemikiran yang mampu mempengaruhi perubahan tersebut,” katanya.

Olehkarenanya, tambah Sutarmidji, ICMI harua mampu memberikan tafsir yang mendidik. “Pemikiran ICMI kita tunggu untuk kemajuan daerah ini,” ujarnya.

Terpisah, Ketua ICMI Sintang, Kurniawan mengaku akan melaksanakan apa yang disampaikan pak Gubernur Kalbar untuk kemajuan ICMI Sintang. Langkah pertama, yang diambilnya pun adalah dengan memahami isu-isu kecil yang riil terjadi dikalangan umat muslim dan masyarakat.

“Contohnya seperti, isu ekonomi, pendidikan dan lainya,” singkat Kurniawan.

Sementara, Sekertaris ICMI Sintang, Hafidin mengatakan bahwa keberadaan ICMI di Kabupaten Sintang tidak bakal menjadi penonton sejati. Berawal dari pendirian ICMI, tentunya akan semakin banyak masukan dan saran yang membangun disampaikan ke Pemerintah Daerah (Pemda).

“Langsung maupun tidak langsung kita akan memberikan masuka atau Blueprint bagi perencanaan dan pembangunan di Kabupaten Sintang. Terutama soal pemekaran Provinsi Kapuas Raya,” katanya.

Dengan modal SDM yang cukup kuat, Hafidin optimis ICMI akan menjadi salah  satu mitra pemerintah dalam upaya mencari solusi tentang pembanguan kedepanya. Olehkarenanya, diharapkan 69 orang yang masuk dalam daftar kepengurusan dengan 9 devisi ICMI Sintang, diharapkan dapat produktif, kreatif, dan inovatif.

“Keberagaman atas unsur – unsur di dalam ICMI, tentu akan mendorong munculnya pola pikir yang lebih maju bagi kebutuhan pembangunan di Kabupaten Sintang,” tutupnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *