Shalat Berjamaah di Surau AL-A’LA Tanpa Listrik, Kades Ampar Bedang Janji Bantu PLTS

  • Whatsapp

LensaKalbar – Ironis, itulah kata yang bisa menggambarkan kondisi Surau Al-A’la di Dusun Sapta Bedang, Desa Ampar Bedang, Kecamatan Binjai Hulu.

Pasalnya, sejak didirikan tahun 2009 silam. Surau  itu tidak dapat menggunakan pengeras suaranya disaat memasuki waktu shalat. Meski pengeras suara yang dimiliki alakadarnya. Tetapi dinilai mampu memanggil umat muslim di dusun itu untuk melaksanakan shalat.

“Di sini memang tidak ada listrik. Sudah puluhan tahun kondisinya seperti ini. Kalau untuk Surau Al-A’la memang didirikan sejak tahun 2009 silam. Pengeras suara ada. Tapi tidak bisa digunakan, karena tidak ada listrik. Kalau kita adzan ya… hanya mengandalkan pengeras suara alami,” kata Wakil Ketua Pengurus Surau Al-A’la, Sukasno, Jumat (11/1/2019).

Olehkarenanya, Sukasno sangat mengharapkan listrik masuk ke dusunnya. Sehingga warga yang ada dapat menikmati listrik dari PT PLN (Persero). Selama ini, hanya mengandalkan genset.

“Kalau yang punya banyak uang,¬† mampu lah beli genset. Kalau seperti kita ini, terpaksa harus menyulut pelita setiap malamnya. Begitu juga, kalau kami ingin shalat berjamaah di Surau Al-A’la, pelita dan senter kecil lah sebagai cahaya penerangan,” ceritanya.

Di temui Lensakalbar.com, Kepala Desa Ampar Bedang, Toni mengaku baru tahu bahwa aktifitas di Surau Al-A’la jamaahnya begitu aktif. Olehkarenanya, dia pun memastikan di tahun anggaran 2019 ini akan memberikan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk aktifitas surau tersebut.

“Tahun ini juga, Pemerintah Desa Ampar Bedang akan memberikan bantuan PLTS untuk Surau Al-A’la,” katanya.

Menurut Toni, pihaknya selalu mengedepankan kepentingan rumah ibadah. Baik itu masjid, surau, dan geraja. Sebab hal tersebut harus diutamakan.

“Semua aktifitas rumah ibadah akan kita dukung penuh. Segala kekurangan fasilitas, semampunya akan diusahakan,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan PLTS, Toni berjanji akan memberikan bantuan dana untuk pembangunan Surau Al-A’la. “Rencananya akan kita bantu Rp5 sampai 7 juta. Itu akan kita usulkan di APBDes Desa Ampar Bedang. Besar kecilnya bantuan yang diberikan, tentunya melihat kemampuan keuangan desa lagi. Karena pihaknya juga terus melakukan pembangunan di beberapa wilayah yang ada di Desa Ampar Bedang,” tutupnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *