Jembatan Penghubung Tiga Desa Ambruk, Ini Penyebabnya…

  • Whatsapp
Truk sembako amblas di Jembatan Sungai Keliling, Kecamatan Sepauk

LensaKalbar – Dibangun sejak 1980 silam. Jembatan Sungai Keliling yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Kamis (10/1/2019) sekitar pukul 08.45 WIB, ambruk.

Ambruknya jembatan tersebut, tatkala truk pengangkut sembako dengan muatan lebih diatas 8 ton melintas di jembatan itu. Untungnya, truk tersebut tidak langsung nyemplung ke sungai. Karena masih ada kayu penahannya. Kalau tidak, ntah apa yang terjadi.

Bacaan Lainnya

“Truk bawa sembako. Belum sampai di pasar, sudah mengalami musibah,” ujar Kapolsek Sepauk, Iptu Suwaris.

Dalam insiden tersebut, ungkap Suwaris, tidak ada korban jiwa. Hanya saja, kondisi jembatan tersebut semakin memprihatinkan.

“Korban jiwa tidak ada. Tapi kerusakan jembatan itu semakin memprihatinkan,” katanya.

Jembatan Sungai Kelilimg, Kecamatan Sepauk diperbaiki warga setempat dan dibantu personil Polsek Sepauk dan Satpol PP Kecamatan Sepauk, Kamis (10/1/2019)

Karena sebagai akses utama penghubung di tiga desa, tambah Suwaris, jembatan tersebut pun langsung diperbaiki oleh warga, yayasan,  pemilik truk, dan dibantu oleh personil Polsek Sepauk serta Satpol PP Kecamatan Sepauk.

“Sekitar pukul 15.30 WIB, jembatan itu kita perbaiki dengan gotong royong. Kalau tidak diperbaiki akan menghambat mobilitas masyarakat setempat,” tuturnya.

Tiga bulan lalu, kata Suwaris, jembatan tersebut sudah diperbaiki secara gotong royong oleh masyarakat setempat dan Polsek Sepauk. Tetapi, ketika diterjang banjir beberapa waktu lalu, kondisinya semakin memprihatinkan. Ditambah dengan peristiwa yang baru saja terjadi itu.

Olehkarenanya, Suwaris mengimbau agar muatan  truk ekspidisi tidak melebihi tonase atau over kapasitas. Sebab, kondisi jalan dan jembatan di Kecamatan Sepauk banyak yang memprihatinkan.

“Apalagi jembatan, banyak yang sudah tua dan kondisinya sudah rusak,” ungkapnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *