Ajak Pemilih Pemula Pahami Pemilu, KPU Sintang Sosialisasikan Pendidikan Pemilih

  • Whatsapp
Devisi SDM dan Parmas KPU Sintang, Karsinah saat memberikan materi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Sabtu (24/11/2018), di Ballroom Hotel My Home Sintang

LensaKalbar – Siswa – siswi SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat di Kabupaten Sintang mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang, Sabtu (24/11/2018), di Ballroom Hotel My Home Sintang.

Devisi SDM dan Parmas KPU Sintang, Karsinah mengatakan  kegiatan ini merupakan sarana pembelajaran bagi siswa-siswi yang akan menjadi pemilih pemula agar mengetahui hak dan kewajibannya sebagai  warga negara Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Sebagai pemilih pemula harus mengetahui kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara,” kata Karsinah.

Olehkarnanya, Karsinah pun berharap dengan adanya sosialisasi ini, para siswa bisa menyalurkan pengetahuannya kepada para pemilih pemula lainnya, sehingga bisa tercipta demokrasi yang baik pada Pemilu 2019.

“Dalam sosialisasi ini kita lebih banyak menjelaskan tentang apa itu, Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),” ungkapnya.

Karsinah merinci ada 151.641 pemilih laki-laki dan 144.181 pemilih perempuan di Kabupaten Sintang. “Kalau kita totalkan jumlah pemilih laki-laki dan perempuan di Kabupaten Sintang ada 295.822 pemilih yang sudah masuk dalam DPT,” ujarnya.

Satu diantara siswi SMKN 1 Sintang, Dheva mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini dirinya semakin mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik.

“Sebagai calon pemilih pemula yang sebelumnya tidak paham, alhamdulillah dari sosialisasi ini bisa lebih mengerti dan mempunyai gambaran mengenai politik,” tuturnya.

Ia juga mengatakan siap untuk menggunakan hak dan kewajibannya pada Pemilu 2019 mendatang. “Saya siap menggunakan hak pilih dan siap menjadi pemilih yang cerdas,” ucapnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *