Enam Desa di Sepauk Bakal Produksi Minyak Goreng

  • Whatsapp
Kepala BPMPD Sintang, Herkulanus Roni
banner 468x60

LensaKalbar – Bagi enam desa yang ada di Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang diminta segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Direncanakan, BUMDes akan memproduksi minyak goreng yang berbahan dasar kelapa sawit.

Enam desa di Kecamatan Sepauk itupun adalah:

  1. Desa Manis Raya
  2. Sepulut
  3. Buluh Kuning
  4. Temawang Bulai
  5. Bedayan
  6. dan Temawang Muntai

“BUMDes yang dibangun itu akan dikelola oleh enam desa yang saling berdekatan. Mereka akan memproduksi minyak goreng dalam kemasan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Sintang, Herkulanus Roni, Rabu (3/10/2018).

Roni mengatakan bahwa keenam desa tersebut memiliki perkebunan kelapa sawit yang potensial. Kebanyakan, pemiliknya bukan perusahaan, namun masyarakat sekitar.

“Kebunnya bukan dari perusahaan, melainkan dari kebun swadaya masyarakat. Kita petakan di enam desa tersebut, memang lebih banyak kebun milik warga,” katanya.

Saat ini, tambah Roni, pembangunan BUMDes masih masuk dalam tahap awal. Lokasi produksi serta bangunan sudah disiapkan. Hanya saja, sampai saat ini pihaknya tinggal menunggu peralatan mesin yang akan dipasang oleh pihak Kementerian Desa.

“Alat akan mereka pasang, kita yang akan operasionalkan alat tersebut,” ungkapnya.

Besar harapan Pemkab akan hadirnya BUMDes dalam mendongkrak perekonomian desa. Di sisi lain, BUMDes ini akan mampu merekrut tenaga lokal desa.

“Kita akan libatkan dinas terkait untuk memberikan pendampingan dalam mempersiapkan produk tersebut agar menjadi produk unggulan di desa tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM (Disperindagkop UMKM) Sintang Sudirman menyatakan akan melakukan pendampingan terhadap produk-produk unggulan desa. Termasuklah produk minyak goreng yang akan direalisasikan di enam desa di Kecamatan Sepauk tersebut.

“Disperindag akan memberikan pembinaan kepada mereka,mulai dari proses produksi, hingga pemasaran,” kata dia.

Selain mendorong lahirnya produk-produk unggulan, pihaknya juga berharap BUMDes yang ada di desa-desa dapat menyediakan produk-produk yang dibutuhkan oleh warga itu sendiri, seperti kebutuhan akan sembako. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *