Jarot: BMKG Penting Bagi Rakyatnya…

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno ketika memantau langsung kondisi cuaca di Kabupaten Sintang, Rabu (15/08/2018).

LensaKalbar – Dengan memiliki luas 21.000 Km dan luas tutupan hutan 1.2 juta hektar tentu memberikan tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Sintang terutama dampak potensi bencana yang dapat timbul.

Olehkarenanya, Bupati Sintang, Jarot Winarno menilai kehadarian BMKG dan radar cuaca di Kabupaten Sintang itu sangat penting bagi keselamatan masyarakat.

Bacaan Lainnya

” Selain memantau kondisi cuaca, BMKG juga berfungsi memantau titik hotspot kebakaran hutan dan lahan secara dini,” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno ketika meresmikan gedung BMKG, Rabu (15/08/2018) di Komplek Bandar Udara Tebelian.

Dengan adanya BMKG di Kabupaten Sintang, segala potensi dan dampak bencana alam yang terjadi di Kabupaten Sintang akan terpantau secara langsung. Kondisi ini tentunya sangat membantu Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mengambil sikap dan langkah pencegahan secara dini.

“Dengan radar cuaca ini dapat memprediksi beberapa bencana yang akan timbul, seperti cuaca iklim yang ekstrim, paling tidak kita bisa perkirakan, dan kita perhitungkan dengan sebaik mungkin serta memberikan informasi kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Terkait karhutla, tambah Jarot, sudah dapat terpantau dengan jelas di Kabupaten Sintang. Sehingga kehadiran radar cuaca ini juga dapat membantu Polres dan Kodim Sintang untuk mengambil langkah pencegahan secara dini.

“Yang pastinya kita sekarang akan mendapatkan data dan informasi yang akurat terkait potensi bencana di Kabupaten Sintang,” tutupnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *