Jaga Peradaban Tepian Sungai

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutan dalam berbuka puasa bersama di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih Kabupaten Sintang, Selasa (29/5).
banner 468x60

LensaKalbar – Hanya sedikit di Indonesia yang masih kental dengan peradaban tepian sungainya. Ibu Kota Kabupaten Sintang di antaranya yang sangat khas. Ini harus selalu dijaga.

“Kota Sintang ini dikelilingi dua sungai, yakni Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, yang bertemu di persimpangan yang disebut Saka Tiga,” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno ketika Buka Puasa Bersama di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih Kabupaten Sintang, Selasa (29/5).

Sejak dulu kala sudah tercipta peradaban di tepian sungai tersebut. “Warisan ini harus tetap dijaga. Karena mayoritas di tepian sungai adalah orang Melayu, maka adat istiadat Melayu mesti dilestarikan,” papar Jarot.

Menurut Jarot, Melayu sangat identik dengan muslim. Sehingga pada bulan suci Ramadan seperti ini bermunculan adat-adat Melayu.

“Salah satunya akan diadakan Festival Meriam Karbit dan Buluh Bedil pada malam takbiran di kawasan Masjid Jami’ Sultan Nata,” ungkapnya.

Berbagai kegiatan itu, tambah dia, termasuk yang sering digelar Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), dapat melestarikan adat budaya tepian sungai.

“Tetapi harus ingat, dalam melestarikan budaya, harus senantiasa menjaga lingkungan. Meriam karbitnya jangan diarahkan ke pemukiman padat penduduk,” kata Jarot.

Di tempat yang sama, Ketua Umum (Ketum) MABM Kabupaten Sintang, Mas’ud Nawawi mengatakan, kegiatan buka puasa bersama ini untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan.

“Niat kami sebagai syiar Ramadan sebagai bulan yang mula. Selain itu juga untuk memperat silaturrahmi dengan masyarakat dan anak-anak yatim piatu di Sintang,” katanya.

Mas’ud megungkapkan, buka puasa bersama MABM ini bertemakan “Syahrur Rahmah” menginginkan komitmen untuk saling berbagi hal yang baik.

“Dengan tema yang diusung itu, kita semua diharapkan dapat meneguhkan komitmen untuk saling berbagi hal-hal yang baik. Karena Islam mengajarkan saling membantu terhadap umat yang mengalami kendala dan kesusahan,” tuturnya. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *