Ini Tujuan Safari Ramadan…

  • Whatsapp
Bupati Sintang, Jarot Winarno Safari Ramadan di Masjid Baiturrahman di Desa Sepan Lebang, Kamis (24/5).
banner 468x60

LensaKalbar – Masjid Baiturrahman di Desa Sepan Lebang, Kecamatan Kelam Permai, menjadi tujuan Safari Ramadan 1439 Hijriyah rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang, Kamis (24/5).

Rombongan Safari Ramadan ini dipimpin langsung Bupati Sintang, Jarot Winarno. Didampingi beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ikut pula Anggota DPRD Sintang, Tokoh Agama, para pimpinan instansi vertikal, Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta menghadirkan penceramah dari Ibu Kota Kabupaten Sintang, Senen Maryono.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jarot Winarno mengatakan, Safari Ramadan ini memiliki 3 tujuan. Pertama,  ikut menyiarkan agama Islam yangrahmatan lil ‘alamin, yang bisa menjadi rahmat bagi semua orang.  Kedua,   menjaga dan merawat rasa Bhinneka Tunggal Ika di Kabupaten Sintang, dan ketiga   menjalin silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Jarot juga menggaungkan wawasan kebangsaan, agar warga semakin hidup rukun dan damai. Ini menjadi modal dalam membangun Kabupaten Sintang.

“Kabupaten Sintang ini adalah rumah bersama. Sintang untuk kita semua, di mana seluruh elemen bangsa bisa hidup rukun damai di sini,” kata Jarot.

Tentunya, lanjut Jarot, semua pihak mesti terus berupaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Senentang ini.

“Kalau rakyat bersatu seperti ini akan menjadi modal sosial untuk membangun Kabupaten Sintang,” katanya.

Contohnya di Desa Sepan Lebang ini, kata Jarot, masyarakatnya bersatu. Kalau ad kegiatan Safari Ramadan seperti ini, semua berkumpuk.

“Jadi hidupnya rukun dan damai,” katanya.

Bukan hanya memuji kerukunan warga Desa Sepan Lebang, Jarot juga mengapresiasi penataan wilayah yang cukup baik. Misalnya terdapat plang-plang petunjuk ke suatu tempat, misalnya ke Masjid dan Gereja.

“Bahkan tadi ada plang menunjukkan rumah Kepala Desa. Tentunya desa ini rapi. Dari aspek pembangunan juga berkembang,” puji Jarot.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Baiturrahman yang diwakili Kepala Desa Sepan Lebang, Jelitu Frans mengungkapkan, rasa bangga orang nomor satu di Kabupaten Sintang dapat hadir dalam kegiatan Safari Ramadan di Masjid Baiturrahman,

“Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggan kami, karena Bapak Bupati Sintang dapat hadir dalam kegiatan ini, dan tentunya kami mengucapkan terimakasih telah meresmikan Surau al-Jihad sebelum melaksanakan kegiatan safari ramadhan di Masjid Baiturrahman ini,” ucap Frans.

Dia mengungkapkan, Desa Sepan Lebang ini memiliki satu Masjid dan dua Surau yang salah satunya baru saja diresmikan Bupati Jarot.

Frans juga menaruh harapan agar pembangunan di desa yang dihuni 696 penduduk ini dapat diperhatikan.

“Kami berharap juga agar sinyal handphone bisa masuk ke wilayah sini,” katanya.

Selama ini, tidak ada sinyal di Desa Sepan Lebang. Sehingga komunikasi dengan pihak kecamatan dan kabupaten terhambat. Sementara jarak ke Kota Sintang mencapai sekitar 54 Kilometer.

Sebelum azan Maghrib berkumandang, Senen Maryono menyampakkan tausiyah seputar bulan puasa sebagai bulan penuh nikmat dan menyehatkan.

“Puasa ini merupakan rangkaian dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt, dan juga dapat menyehatkan badan kita. Ini makna yang sangat luar biasa, karena dengan berpuasa, kita dapat mengecas keimanan kita,” kata Senen. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *