Menunggu Logistik Pilkada, Ini yang KPU Sintang Lakukan…

  • Whatsapp
Ilustrasi

LensaKalbar – Sambil menunggu logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalbar 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang mengawasi (monitoring) Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kami turun sampai ke desa sambil sosialisasi pemindaian (scanning) Formulir C,” kata Anggota KPU Sintang, Ade M Iswadi, kemarin.

Masyarakat diharapkan mengecek namanya di DPT. Bila belum masuk, segera melapor, maka petugas akan memasukkannya. Karena perbaikan terus berlangsung.

Terkait pemindaian Formulir C, kata Ade, akan diinput dari kecamatan. Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang mengumpulkan formulir tersebut dari Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Entri datanya melalui PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan),” ungkapnya.

KPU, lanjut Ade, juga bisa langsung mengumpulkan dokumen tersebut. “Karena Formulir C, untuk KPU juga ada,” jelasnya.

Sementara untuk tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, kata Ade, tahapannya juga sudah dimulai. KPU kini intens turun ke lapangan hingga ke tingkat desa sesuai tahapan yang berjalan.

Adapun proses yang sedang berjalan, yakni, klarifikasi faktual bukti tanda dukungan bagi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Pemeriksaan faktualnya mengharuskan KPU turun lapangan.

“Kami klarifikasi langsung ke pemberi dukungan. Formulir dan tandatangan di fotokopi KTP akan dilihat. Jika kami menemukan keraguan akan diklarifikasi. Sebelum diputuskan, apakah memenuhi syarat atau belum,” kata Ade. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *