Kalbar Produsen Minyak Sawit Terbesar di Kalimantan

  • Whatsapp
Ilustrasi.
banner 468x60

LensaKalbar – Mengagumkan. Dengan luasan sekitar 1.455.182 hektare kebun kelapa sawit, baik inti maupun plasma, Kalbar menjadi produsen minyak sawit terbesar di Kalimantan.

“Sebagian besar dihasilkan petani kelapa sawit dan petani kecil yang memiliki sekitar 25 persen dari total luas lahan tertanam,” kata Direktur Kalimantan WWF-Indonesia, Irwan Gunawan, kemarin.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sejauh ini, kata Irwan, WWF dan HSBC telah menandatangani kesepakatan untuk memperkuat platform para petani kecil menuju praktik kelapa sawit lestari.

“Program ini sudah berjalan dan sedang diseminasi proses serta pencapaian dari program tersebut kepada para pihak di Sintang,” urainya.

Irwan menegaskan, WWF dan HSBC terus berkomitmen untuk membantu petani swadaya kelapa sawit di Sintang. Bentuknya, melanjutkan kerja sama dalam mendukung anggota Koperasi Produksi Rimba Harapan untuk tiga tahun ke depan.

“Tujuan utama intervensi tiga tahunan ini, memberdayakan petani kelapa sawit swadaya untuk mendapatkan sertifikasi RSPO dan ISPO. Menyasar penguatan ketahanan ekonomi bagi anggota koperasi dengan mengidentifikasi dan membangun rencana bisnis untuk pendapatan alternatif yang berkelanjutan,” papar Irwan.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya dari program ini, tambah Irawan, mempertahankan dan meningkatkan dukungan dari pemerintah daerah.

“Selain itu, meningkatkan pembelajaran dengan mendokumentasikan proses secara komprehensif yang akan disebarluaskan untuk digunakan sebagai alat promosi praktik perkebunan kelapa sawit berkelanjutan,” tutup Irwan. (Dex)

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *