Bandara Tebelian Ingin Segera Beroperasional

  • Whatsapp

LensaKalbar – Landasan pacuu (runway) telah beres, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun sudah sip. Demikian pula dengan Sefty dan Airnav-nya. Bandar Udara (Bandara) Tebelian di Kabupaten Sintang siap beroperasi.

“Sudah siap semua. Kita berkeinginnan 30 Maret nanti sudah bisa beroperasional penuh,” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno, ketika meninjau Bandara Tebelian, Selasa (13/2).

Bacaan Lainnya

Namun peresmiannya, ungkap Jarot, merupakan kewenangan penuh Pemerintah Pusat (Pempus). Rencananya bersamaan dengan 15 Bandara lainnya di Indonesia.

Lantaran rencana peresmian serentak itulah memunculkan keraguan kalau Presiden RI Jokowi akan datang ke Kabupaten Sintang untuk meresmikan Bandara Tebelian.

“Kita tidak tahu apakah beliau akan datang atau tidak ke Sintang. Tetapi itu hal yang nomor dualah,” kata Jarot.

Hal paling utama, menurut Jarot, apakah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang sudah siap pindah, dari Bandara Susilo ke Tebelian. Terkait sarana dan prasarana standar keamanan Bandara dan lainnya.

Jarot berpendapat, bilamana Bandara Tebelian dapat beroperasional sepenuhnya. Maka akan mengubah peta ekonomi di Kabupaten Sintang.

“Otomatis wajah pertumbuhan ekonomi kita akan berubah jika Bandara ini beroperasional,” ungkapnya. (Dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *