Begini Nilai Tawar Pilkades Serentak 2018

  • Whatsapp
Sosialiasi Pilkades Serentak 2018 di Kantor Bupati Sintang, Rabu (13/12).
banner 468x60

LensaKalbar – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak akan digelar di Kabupaten Sintang pada 2018. Kendati hanya pesta demokrasi di tingkat desa, penyelenggaraannya dinilai memiliki nilai tawar yang sangat strategis.

“Karena desa merupakan satuan pemerintah terkecil yang paling dekat dengan masyarakat,” kata Jarot Winarno, Bupati Sintang dalam arahannya ketika Sosialisasi Pilkades Serentak, Rabu (13/12).

Pilkades, jelas Jarot, sangat bernilai strategis, lantaran desa merupakan media interaksi politik yang simpel, sebagai cerminan kehidupan demokrasi di negara ini.

“Kalau desa sudah mampu menjalankan prinsip kompetisi, partisipasi dan kebebasan yang baik, menjadi modal besar bagi negara untuk membangun konsolidasi demokrasi,” terang Jarot.

Menurutnya, Pilkades tidak bisa semata-mata dipahami sebagai fenomena politik. Namun juga sebagai fenomena pembangunan desa yang membutuhkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Baca: 4 Peran Penting Ibu dalam Kehidupan

“Kita membangun Kabupaten Sintang dari pinggiran, tentu Pilkades 2018 nanti harus memperkuat entitas desa sebagai locus dan fokus utama dalam pembangunan daerah yang sesuai dengan Undang-Undang,” sambung Jarot.

Dia berpesan, dalam pelaksanaan Pilkades mendatang, hendaknya mengedepankan ketertiban, pendidikan politik yang tepat kepada elit dan masyarakat desa.

“Sehingga proses penyelenggaraan kompetisi politik desa dalam Pilkades, tidak melahirkan konflik yang merugikan kehidupan di desa,” ingat Jarot.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Ulidal Muchtar mengatakan, sosialisasi yang dibuka langsung Bupati Jarot ini untuk memberi pemahaman tentang penyelenggaraan Pilkades mendatang.

“Kita selenggarakan ini, agar pemahaman tentang penyelenggaraan Pilkades 2018 itu sama, serta dapat kita laksanakan secara tertib, aman dan lancar,” jelas Ulidal. (Dex)

 

Baca Juga :

Jumlah Penduduk Bertambah, Tapi Laju Perekonomian Menurun, Ini Akibatnya

Perbup Kode Etik,  ASN Jangan Coreng Nama Baik dan Institusi

Begini Cara Jarot Majukan Serawai dan Ambalau

Pilkada Mempawah, Demokrat Pastikan Dukung Erlina

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *