Terapkan Tiga Tingkatan dalam Membina Keluarga

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sintang, Askiman membuka Pelatihan Pendamping Kelompok Bina Keluarga, di Balai Pegodai Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Senin (20/11) pagi.

LensaKalbar – Wakil Bupati Sintang Drs Askiman MM sangat mengapresiasi pelaksanaan Pelatihan Pendampingan Kelompok Bina Keluarga. Lantaran membahas tiga tingkatan dalam membina keluarga. Semuanya sangat baik untuk diterapkan.

“Tiga tingkatan itu terdiri atas Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia,” kata Askiman ketika membuka pelatihan tersebut di Balai Pegodai Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Senin (20/11) pagi.

Untuk Bina Keluarga Balita, jelas Askiman, para pendamping diharapkan mampu membina semua keluarga agar benar-benar bertanggungjawab terhadap anaknya.

“Bina anak sejak dini sejak balita. Disiplinnya, kebersihan, ketertiban, kenyaman dan keamanan anak itu sendiri. Dari usai dinilah tingkat intelegensia anak, IQ-nya juga bisa berkembang dan tumbuh menjadi anak yang cerdas,” paparnya.

Baca: Sintang Dukung Semua Kegiatan Keagamaan

Sementara untuk Bina Keluarga Remaja, jelas askiman, harus dibina dari sisi tata pergaulannya, segi kesehatan, akhlak dan segi kedispilinan remaja itu sendiri. Agar remaja mampu tumbuh dengan baik dan tidak mudah terpengaruh pergaulan yang bersifat negatif yang bisa merusak masa depannya. Demikian juga perhatian terhadap Lansia yang usianya mulai dari 60 tahun.

“Lansia juga perlu kita tanamkan kesadaran, moralitas masih perlu juga kita tanamkan, norma-norma disiplin. Terpenting, bagaimana caranya kita menjadikan orangtua penuh bahagia, tidak memiliki beban-beban yang mengikat akal dan pikiran di masa tuanya,” jelas Askiman.

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting guna meningkatkan kemampuan pendamping dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk melakukan pembinaan di lingkungan masyarakat.

Askiman berharap, usai mengikuti pelatihan ini, para peserta mampu menerapkannya di lapangan. Sehingga tujuan pembinaan keluarga bisa tercapai dengan sebaik-baiknya.

Baca: Fraksi PKB Minta Tanam Pucuk Merah

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB-PPPA) Kabupaten Sintang, Idham Halik mengatakan, pelatihan pendamping kelompok bina keluarga diikuti 60 orang dari 14 kecamatan di Kabupaten Sintang.

“Pelatihan ini untuk mempermudah Kader Pembina menjalankan tugasnya memberikan penyuluhan kepada kepada keluarga atau masyarakat,” ungkap Idham.

Dia menambahkan, peran orangtua sangatlah penting dalam asah, asih dan asuh anak.

“Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat sudah sejak lama membina dan mengembangkan Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia sabagai wadah menimba ilmu, bertukar pikiran tentang keorangtuaan dan pengasuhan. Sehingga setiap keluarga mampu memberikan nilainilai terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anggota keluarganya,” papar Idham. (Dex)

 

Baca Juga :

Sintang Dukung Semua Kegiatan Keagamaan

Fraksi PKB Minta Tanam Pucuk Merah

Askiman : Manajerial Koperasi Lemah

Jangan Lagi Padamkan Listrik !

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar