Michael Jeno : Setiap Desa Harus Miliki Potensi Ekonomi

  • Whatsapp
Anggota DPR RI Komisi XI asal Kalimantan Barat, Michael Jeno.

LensaKalbar – Anggota DPR RI Komisi XI asal Kalimantan Barat, Michael Jeno mendorong Kepala Desa mengoptimalkan Dana Desa untuk kemajuan sektor usaha di desanya masing-masing.

Olehkarenanya, penting bagi pengelola anggaran desa untuk menggali dan menemukan potensi ekonomi setempat.

“Semangat membangun dari desa tentu tidak terlepas dari upaya yang dilakukan. Upaya tersebut tentu melihat dan menggali potensi yang ada,” katanya ketika menghadiri kegiatan sosialisasi pengelolaan dana desa mengunakan Sistem Keuangan Desa di Aula Bupati Kubu Raya, Jumat (10/11) kemarin.

Menurutnya, setiap desa harus punya minimal satu produk unggulan. Bila hal tersebut dilakukan, maka desa bisa mandiri. Penting pula adanya organisasi usaha yang mengelola produk-produk tersebut.

Dia menyebutkan bahwa pembentukan BUMDes untuk pengembangan desa juga sebagai wujud pemanfaat dana desa yang telah dikucurkan ke desa-desa di Indonesia.

“Bentuk saja BUMDes di desa. Minimal satu desa satu BUMDes,” ucapnya.

Jeno menekankan, dana desa yang besar jumlahnya harus digunakan untuk pengembangan potensi UMKM di perdesaan. Sebab di era sekarang harus membuat desa tak lagi mengandalkan komoditas mentah.

“Sudah saatnya masyarakat desa bangkit secara ekonomi, dengan memaksimalkan perangkat internalnya sendiri. BUMDes harus berperan dalam mengoptimalkan potensi ekonomi desa, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah. Desa juga harus jeli melihat pasar yang menjanjikan, dan menjadi penyuplai kebutuhan pasar tersebut,” ujarnya. (Nrt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *