42 Anggota Panwascam Dilantik

  • Whatsapp
Asisten Pemerintahan Setda Sintang, Abdul S , Abdul Syufriadi mewakili Bupati Sintang pada Pelantikan 42 Anggota Panwascam, di Ballroom Hotel MyHome, Senin (23/10).

LensaKalbar – Usai menjalani serangkaian tahapan seleksi, mereka yang lolos, 42 orang dilantik menjadi Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Sintang, di Ballroom Hotel My Home Sintang, Senin (23/10).

Dalam kesempatan tersebut, Syufriadi mengatakan, sesuai UndangUndang Nomor 7 Tahun 2017 (UU 7/2017) tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Panwascam sangat vital dan strategis.

“Keberadaan ini merupakan subsistem pengawasan Pilkada untuk mencegah, menemukan dan memberikan sanksi kepada semua pihak yang melakukan pelanggaran dan kecurangan dalam proses Pilkada,” kata Syufriadi.

Dalam menjalankan Tupoksi tersebut, jelas Syufriadi, tentunya Panwascam harus bekerja secara cerdas dan professional.

“Sehingga mampu mendeteksi secara akurat berbagai potensi kecurangan dalam Pilkada yang mungkin akan terjadi,” ucapnya.

Sebagai salah satu provinsi yang akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018-2023, kata Syufriadi, semua pihak, termasuk Panwascam sebagai unsur pelaksana pengawasan Pilkada, harus siap mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya, proses pelantikan saat ini memiliki arti penting. Sebab Panwascam akan ikut menentukan suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018.

“Saya berharap dengan pelantikan ini, para anggota Panwascam dapat bekerja secara optimal,” ucap Syufriadi.

Dia juga meminta seluruh Panwascam di Kabupaten Sintang segera membuat agenda kerja pengawasan dengan merujuk pada aturan yang berlaku.

“Bangunlah komitmen dan kerjasama dengan seluruh pihak terkait di tingkat Kecamatan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018,” pesan Syufriadi.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sintang, Fransiskus mengatakan, Panwascam yang dilantik ini terdiri atas 42 orang.

“Setiap kecamatan kita bagi menjadi 3 orang. Jadi satu kecamatan 3 orang Panwascam, dan di Sintang ini ada 14 kecamatan. Sehingga totalnya 42 orang,” rinci Fransiskus.

Dia berpesan kepada seluruh anggota Panwascam yang baru saja dilantik, dapat menjalin kerjasama yang baik dengan para pemangku kepentingan, melaksanakan tugas dengan baik dan benar. Di antara tugas tersebut, wajib bersikap tidak diskriminatif dan tidak berpihak kepada Pasangan Calon (Paslon), saling mencegah terjadinya konfl ik, menjaga ketertiban dan netralitas yang berpegang teguh kepada Undang-Undang, dan selalu memaknai tugas dan tanggung jawab dalam mewujudkan visi dan misi Bawaslu.

“Tetap jaga solidaritas dan integritas serta profesional dalam pengawasan tahapan Pemilukada ini,” tutup Fransiskus. (Dex)

Baca Juga :

Heri : Kita Masih Menunggu Kehadiran Pemerintah

2018 Sintang Tak Lagi Tangani Jalan Ketungau

Butuh Ilmu dan Keterampilan Atasi Kegawatdaruratan Infrastruktur

Ups, Generasi Milineal Diminta Hati-hati Gunakan Internet

Semoga Pak Bupati Selalu Sehat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar