Lima Kabupaten di Kalbar Potensi Hujan Sedang – Lebat

LensaKalbar – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Supadio Pontianak  mengeluarkan peringatan dini bahwa sejak tanggal 7-11September 2017 ada lima kabupaten di Provinsi Kalbar akan terjadi hujan sedang hingga lebat.

Lima kabupaten di Provinsi Kalbar itu  pun meliputi, Kabupaten Landak, Sanggau,Sekadau,Sintang dan Kapuas Hulu.

“Untuk seminggu ke depannya secara umum kondisi cuaca cerah berawan. Hanya saja, peluang hujan ringan hingga sedang juga terjadi di wilayah Kalbar bagian Utara,” kata Prakirawan BMKG Kelas I Supadio Pontianak, Giri Darmoko, Rabu (6/9).

Kondisi ini, tambah Giri, diperkuat dengan suhu udara yang mengalami peningkatan. Lantaran, suhu udara saat ini berkisar 24-34 derajat celsius. Sementara, untuk kelembaban udara berkisar 55 – 95 persen.

“Secara umum angin bertiup dari arah Tenggara – Barat dengan daya kecepatan rata -rata 10 sampai 30 km/jam,” papar Giri Darmoko.

Untuk itu, kata Giri, BMKG Supadio Pontianak mengimbau agar seluruh masyarakat di Provinsi Kalbar khususnya di lima kabupaten yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang untuk lebih waspada.

“Intinya, tingkatkan waspada pada kondisi cuaca saat ini,” katanya.

Sementara, ungkap Giri, untuk Prakiraan potensi hujan, Rabu (6/9), secara umum  Provinsi Kalbar mengalami hujan ringan. Untuk hujan dengan intensitas sedang terjadi di Kabupaten Landak, Sanggau, Sekadau, Melawi dan Sintang.  Selain itu, hujan lebat – sangat lebat juga terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu. (Dex)

Pos terkait