42 Anggota Panwaslu Dilantik, Wagub Minta Jalankan Tugas dengan Baik

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Kalbar, Cristiandy Sanjaya saat memberikan ucapan selamat kepada 42 anggota Panwaslu di 14 kabupaten/kota,

LensaKalbar – Wakil Gubernur Kalbar, Cristiandy Sanjaya meminta kepada 42 anggota Panwaslu di 14 kabupaten/kota yang baru saja dilantik untuk menlajankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

“Kita harapkan di Kalbar khususnya, proses dan tahapan Pilkada berjalan dengan baik. Begitu juga saat hari H Pemilu, sehingga nanti melahirkan pemimpin yang amanah,” pesan Wagub Kalbar, ketika menghadiri pelantikan 42 anggota Panwaslu di 14 kabupaten/ kota Provinsi Kalbar, Kamis (24/8).

Untuk  indeks demokrasi di Kalbar, tambah Wagub, hal ini bisa dicapai salah satunya dari peran penyelenggara Pemilu.

“Tergantung kita semua, termasuk unsur lembaga penyelenggara kita, baik KPU dan Bawaslu untuk menjamin itu,”ucapnya.

Namun, kata Wagub, jika semua pihak bersama-sama menjaga dan menciptakan penyelenggraan Pemilu yang lebih baik, maka indeks demokrasi bisa menjadi baik pula.

“Rakyat semua punya keinginan yang sama, melaksanakan hak suaranya dengan baik, para peserta juga berkomitmen untuk itu, saya kira indeks ini bisa kita pertahankan,” kata Wagub Kalbar.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalbar pada 2016 lalu, indeks demokrasi di Kalbar pada 2015 sebesar 76,40 dari skala 0 sampai 100. Angka ini turun 4,18 poin dari tahun 2014 sebesar 80,58.

Sementara, Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah, mengatakan anggota Panwaslu se-kabupaten/kota yang terpilih ini telah melalui berbagai tahapan sampai tahapan terakhir yang fit and propertest.

“Kami menerima dari Timsel enam orang, dan pada akhirnya kami tentukan tiga orang anggota Panwaslu perdaerah. “Mudah-mudahan perekrutan anggota panwaslu kemarin memenuhi standar sebagaimana dimaksudkan dalam ketentuan perundang-undangan,” katanya.

Menurur Ruhermansya, anggota Panwaslu yang baru dilantik, dari berbagai latarbelakang pendidikan kesarjanaan.

“Dalam waktu dekat mereka akan bertugas sebagai pengawas pada Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019. Untuk kabupaten/kota yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah, ini tentu tugas Panwas menjadi double atau ganda. Selain mengurusi pelaksanaan Pilgub, juga mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” paparnya. (Ntr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *