Cornelis Minta GOPTKI Berikan Hak, Perlindungan dan Pendidikan Anak

  • Whatsapp

LensaKalbar – Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH mengharapkan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) mampu menjadi organisasi yang mendorong terwujudnya perlindungan hak-hak anak di Kalbar.

“Anak punya hak dan mendapatkan perlindungan,” kata Cornelis yang juga selaku Pembina Utama DPD GOPTKI Kalbar, Selasa (22/8).

Tidak hanya itu, Cornelis juga mengatakan bahwa anak juga memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan. Baik itu anak yang ada di kota maupun perdesaan.

“Mudah-mudahan hak anak dan perlindungan anak ini sudah sampai ke tingkat desa.  Karena masih banyak anak-anak kita yang tidak mendapat kesempatan untuk Taman Kanak-Kanak (TK), PAUD, ataupun penitipan anak,” ujarnya.

Kemudian, Cornelis menekankan peran orang tua sebagai guru pertama bagi anak mesti peka pada setiap hak-hak yang seharusnya diterima oleh anak.

“Saya harap ini dapat menggugah orang tua anak untuk dapat memberikan hak-hak anak, sehingga hak anak itu betul-betul bisa dia nikmati. Karena apa?. Anak ini kadang  juga tidak mendapatkan haknya, karena mungkin pengetahuan dari pada orang tuanya, pengalamannya, atau dan lain-lain,” tuturnya

“Kita harapkan organisasi bisa memberikan penyadaran kepada orang tua anak,” tambahnya.

Selain itu, Cornelis juga meminta kepada seluruh pengurus DPD GOPTKI untuk lebih menertibkan sistem pendidikan yang mereka kelola agar lebih proaktif ke daerah-daerah.

“Jangan cuma diam, kita harus bantu cari win-win solution,” tegasnya.

Cornelis mengatakan anak adalah generasi penerus bangsa, yang harus ditata dengan benar. Sebab, Indonesia harus memiliki manusia yang cerdas. “Yang bisa menguasai alam, cerdas dalam politik, menguasai teknologi. Kalau mereka tidak bisa, kita akan kalah, mau jadi kuli pun susah,” ungkapnya.  (Ntr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *