Waspada Penyakit ISPA

  • Whatsapp
banner 468x60

LensaKalbar – Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harisinto Linoh, mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada akan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang biasanya mewabah saat musim kemarau. Sehingga, masyarakat harus menjaga kesehatan dan mewaspadai penyebaran penyakit tersebut.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Sintang untuk mewaspadai penyakit musiman dan harus selalu menjaga kesehatan dan lingkungan,” kata Kadiskes Sintang, Harysinto Linoh, Minggu (30/7).

Menurutnya, penyakit ISPA lebih rentan menyerang anak-anak. Bahkan, orang dewasa juga berpotensi untuk terkena  penyakit tersebut

“Selama pergantian musim dari musim penghujan hingga kemarau ini, selain penyakit demam berdarah dengue (DBD) juga harus diwaspadai penyakit ISPA, terutama bagi anak-anak sangat rentan terhadap penyakit tersebut dan harus banyak minum air putih,” saranya.

Sinto menambahkan, penyakit ISPA dipengaruhi perubahan cuaca dan apabila kondisi tubuh yang sedang tidak fit, akan sangat mudah tertular, serta polusi udara juga sangat berpengaruh. Maka dari itu, sangat dianjurkan kepada setiap masyarakat apabila keluar dari rumah, maka lebih baik menggunakan masker untuk melindungi diri. Begitu juga bagi perokok, lebih baik jangan merokok di dekat anak-anak karena sangat berbahaya.

“Polusi udara merupakan penyumbang besar terhadap penyakit Ispa, apabila ingin keluar rumah selalu gunakan masker, agar terhindar dari polusi tersebut dan jangan merokok dekat anak-anak,” pintanya.

Menurutnya, untuk terhindar dari berbagai penyakit, maka harus selalu bergaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Begitu juga kebersihan lingkungan tempat tinggal harus selalu terjaga kebersihannya.

banner 728x90

banner 728x90

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *