Lepas 50 Mahasiswa KKM-PPL, 30 Mengabdi di Sekolah

  • Whatsapp

LensaKalbar – Sebanyak 50 mahasiswa Institut Keguruan Ilmu Pendidikan -Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP-PGRI) Pontianak secara resmi di lepas langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kamis (27/7), guna untuk melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa – Praktek Pengalaman Lapangan (KKM-PPL).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sintang, Henri Harahap mengatakan bahwa salah satu dari tri dharma perguruan tinggi ialah mengabdi kepada masyarakat, sebagai suatu perguruan tinggi, contohnya ialah IKIP PGRI, dapat melaksanakan kewajiban mengabdi kepada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa dan Praktek Pengalaman Lapangan.

Henri menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang mendukung penuh dengan pelaksanaan KKM-PPL ini. Sebab, dengan adannya kegiatan ini maka dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas.

” Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah sintang. Artinya, pemerintah sangat mendukung sekali kegiatan ini,” kata Henri.

Menurutnya, masalah Pendidikan di Kabupaten Sintang cukup kompleks, seperti keterbatasannya sumber daya manusia, kekurangan sarana dan prasarana pendukung, sehingga kami sangat menerima dengan terbuka dengan kegiatan KKM-PPL ini yang dapat mendukung pembangunan di Kabupaten Sintang.

“Kinerja para guru akan memberikan kontribusi nyata yang besar terhadap kinerja didalam dunia pendidikan kita. Oleh karena itu, calon guru-guru tersebut harus dibekali dengan berbagai teori keilmuan yang diperoleh dari beberapa kajian dan penelitian, sehingga perlu juga melihat keadaan secara nyata dilapangan,” tuturnya.

Henri berpesan kepada seluruh mahasiswa yang melaksanakan KKM-PPL ini agar dapat mematuhi segala ketentuan yang berlaku. “Ciptakan rasa kekompakan, jaga nama baik pribadi, hindari sikap arogan. Mereka harus mampu bergaul dan berbaur dengan masyarakat sesuai adat istiadat yang dapat diterima oleh masyarakat dimana kalian melaksanakan KKM-PPL,” pesanya.

Ditempat yang sama, Rektor Institut Keguruan Ilmu Pendidikan – Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak, Samion mengatakan total mahasiswa yang mengikuti pelaksanaan KKM-PPL se-Kalimantan Barat ini sebanyak 1314 mahasiswa, sehingga dengan KKM-PPL ini dapat memanfaatkan moment praktek lapangan, dan juga harus memiliki kemampuan yang baik dari segi fisik maupun intelektualnya.

” Kita harap mereka semua dapat memberikan kontribusi nyata di tengah lingkungan masyarakat,” katanya.

Sementara, Ketua Koordinator Pelaksanaan KKM-PPL, Muhammad Lahir mengatakan mahasiswa yang mengikuti KKM-PPL ini merupakan asli putra-putri daerah dari Kabupaten Sintang sebanyak 50 orang. Dengan rincian, 20 orang putra dan 30 putri yang akan mengabdi di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan.

“30 putri nantinya akan mengabdi di sekolah kecamatan seperti, Kecamatan Sintang, Kecamatan Kelam Permai, Kecamatan Dedai, Kecamatan Sungai Tebelian, Kecamatan Serawai, Kecamatan Ambalau, dan Kecamatan Ketungau Tengah,” ungkapnya.

“Nantinya, untuk di Kecamatan Sintang ada 2 sekolah yaitu SMAN 1 Sintang dan SMAN 2 Sintang. Sementara untuk dikecamatan lain akan ditempatkan di SMAN yang ada diwilayah bersangkutan,” tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *